internet

Minggu, 20 Maret 2011

Penilaian Kelas


Penilaian  kelas  adalah  suatu  bentuk  kegiatan  guru  yang  terkait  dengan pengambilan  keputusan  tentang  pencapaian  kompetensi  atau  hasil  belajar  peserta didik  yang  mengikuti  proses  pembelajaran  tertentu.  Untuk  itu,  diperlukan  data sebagai informasi yang diandalkan sebagai dasar pengambilan keputusan. Dalam hal ini,  keputusan  berhubungan  dengan  sudah  atau  belum  berhasilnya  peserta  didik dalam mencapai suatu kompetensi. Jadi, penilaian kelas merupakan salah satu pilar dalam  pelaksanaan  Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  (KTSP)  yang  berbasis kompetensi.
Data  yang  diperoleh  guru  selama  pembelajaran  berlangsung  dapat  dijaring dan dikumpulkan melalui prosedur dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi atau hasil belajar yang akan dinilai. Oleh sebab itu, penilaian kelas lebih merupakan proses  pengumpulan  dan   penggunaan  informasi  oleh  guru  untuk  memberikan keputusan,  dalam  hal  ini  nilai  terhadap  hasil  belajar  peserta  didik  berdasarkan tahapan belajarnya. Dari proses ini, diperoleh potret/profil kemampuan peserta didik dalam mencapai sejumlah Standar Kompetensi dan kompetensi dasar yang tercantum dalam kurikulum.
Penilaian  kelas  merupakan  suatu  proses  yang  dilakukan  melalui  langkah- langkah  perencanaan,  penyusunan  alat  penilaian,  pengumpulan  informasi  melalui sejumlah            bukti        yang               menunjukkan pencapaian      hasil            belajar            peserta   didik, pengolahan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik. Penilaian kelas dilaksanakan melalui berbagai cara, seperti unjuk kerja (performance), penilaian sikap, penilaian tertulis (paper and pencil test), penilaian proyek, penilaian produk, penilaian melalui kumpulan hasil kerja/karya peserta didik (portfolio), , dan penilaian diri.
Penilaian hasil belajar baik formal maupun informal diadakan dalam suasana yang menyenangkan, sehingga memungkinkan peserta didik menunjukkan apa yang dipahami  dan  mampu  dikerjakannya.  Hasil  belajar  seorang  peserta  didik  tidak dianjurkan untuk dibandingkan dengan peserta didik lainnya, tetapi dengan hasil yang dimiliki  peserta  didik  tersebut  sebelumnya.         Dengan  demikian  peserta  didik  tidak merasa dihakimi oleh guru tetapi dibantu untuk mencapai apa yang diharapkan.
Untuk mengetahui lebih jelas tentang penilaian kelas silahkan download pada link dibawah ini: